Penandatanganan MOU Blue Economy Foundation dengan Kabupaten Banyuwangi

WhatsApp Image 2017-03-15 at 3.17.12 PM

Jakarta, 03 Februari 2017
Bertempat di Lobby Nusa Indah, Kementrian Pariwisata

“Penandatanganan MOU Blue Economy Foundation dengan Kabupaten Banyuwangi”

Blue Economy Foundation, adalah sebuah Yayasan Non Profit yang didirikan pada tahun 2012 oleh Dewi Smaragdina dan Riza Abdilla Chairil dengan berbadan hukum Akte Pendirian No. 04 tahun 2013 di kantor Notaris Estrelyta Taher, S.H berdomisili di Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Blue Economy konsep diperkenalkan oleh Prof. Gunter Pauli, pendiri Zero Emissions Research Institute. Konsep dikembangkan untuk menjawab tantangan yang mengedepankan Sustainable Development.

Dengan susunan organisasi sebagai berikut :

Founder : Dewi Smaragdina, SE, MSc, MAPPI (Cert) (Ketua Yayasan)
Ir. Riza Abdilla Chairil, M. Ec, Dev, MAPPI (Cert) (Pengawas Yayasan)
Pembina : DR. Ir. Sri Woro Budiati, MSc
Ir. Bambang Barata, MBA
Drs. Ridwan MY
Research & Development : DR. Mochammad Indrawan, MSc
Bendahara : Yenny Anita, SE
Sekretaris : Amaluna Handayani Pramudji, S. Ikom
Public Relations : Dra Dewi Arfiani

Blue Economy Foundation sudah dan akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Provinsi Jawa Timur,  Kabupaten Jepara, Universitas Pandanaran, Universitas Indonesia, Universitas Surabaya (UBAYA), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Semarang (UNNES), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan Angklung Web Institute (AWI).

Maksud dan tujuan dari Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Blue Economy Foundation dengan Kabupaten Banyuwangi, adalah :

  1. Mengoptimalkan Sumber Daya PARA PIHAK dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Daerah melalui pendekatan Ekonomi Biru (Blue Economy) guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuwangi.
  2. Mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan serta mampu menciptakan efisiensi sumber daya alam, memberikan nilai tambah, menyerap tenaga kerja dalam rangka memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi.

 Ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi:

  1. Mendukung dan mendorong peningkatan kebijakan pembangunan ekonomi beserta implementasinya yang berwawasan serta berorientasi nilai tambah kepada lingkungan yang berkelanjutan berbasis potensi dan keunggulan lokal di Kabupaten Banyuwangi;
  2. Penerapan prinsip-prinsip  Ekonomi Biru  (Blue  Economy) yaitu ramah lingkungan, berkelanjutan, sedikit limbah (zero waste), multi produk, mendorong inovasi, penerapan sains dan teknologi tepat guna, serta pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat Kabupaten Banyuwangi.
  3. Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam hal penerapan sains dan teknologi dalam pengelolaan sumber daya alam dan potensi lokal yang bias dikembangkan.

 Blue Economy Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, akan bekerjasama dalam hal :

  1. Pengolahan sisa buangan kopi lebih lanjut di daerah Gombengan sebagai sentra produksi kopi terdiri dari ; kopi arabika, robusta dan excelsa produktivitas mencapai 800 – 1.200 kg/ha/thn. Sisa buangan diolah untuk budidaya Jamur dan sisa buangannya untuk pakan ternak, mengingat hanya 0.02% dari Kopi yang diminum, sisanya 98% dibuang (waste)
  2. Rumput laut saat ini baru 250 ha dari kesanggupan lokasi 800 ha yg dikelola 12 kelompok budidaya, dengan penghasilan saat ini baru 11 ribu ton. BEF dan Pemkab Banyuwangi akan bekerjasama untuk meningkatkan budidaya dan olahan Kosmetik (sabun, cream, body lotion), Makanan (Tepung Olahan Bahan Makanan).
  3. Pelatihan-Pelatihan dengan konsep Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan ;
  • Membatik dengan bahan pewarna non-chemical dan
  • Kerajinan (Kriya) berbasis kopi dan mangrove
  • Branding dan Packaging
  1. Start Up, System online untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan dari Bahan Olahan Kopi, Mangrove, dan Rumput Laut.
  2. Bidang lain yang bisa dikerjasamakan PARA PIHAK dengan penerapan prinsip-prinsip Ekonomi Biru sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

WhatsApp Image 2017-03-15 at 3.16.55 PM

WhatsApp Image 2017-03-15 at 3.15.28 PM